Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 25 Juli 2009

Kenapa Saya Cinta Lumba-Lumba...*^-^/


Seorang teman bertanya, kenapa nama blog saya lumba-lumba, kenapa nggak ikan duyung, merpati, atau hewan lainnya. Ikan Duyung (katanya) melambangkan sikap keibuan, saya ragu apakah saya keibuan soalnya kalau ketemu ponakan cowok saya seringnya malah berantem bukan memanjakan dia. Padahal ponakan saya umurnya lima tahun, nah lho! Sudah gitu, kemampuan masak saya sekitar 10 % saja-lah (liburan ini rencananya mau belajar masak...hehe).
Postingan ini semoga dapat menjelaskannya..., mari kita mulai dengan apa itu lumba-lumba...,jjjiiaaaa ^-^....
Lumba-lumba, menurut Ensiklopedi Indonesia yang ditulis dan disusun oleh Hasan Shadilly(1987): adalah kelompok hewan mammalia, termasuk suku ikan paus bergigi (Odontoceti)....,tubuh berbentuk seperti torpedo, panjang antara 1,5-10 mmempunyai sirip punggung, sirip dada, dan sirip ekor. Kulit sangat licin,berwarna putih, kelabu kehitaman sampai kemerah-merahan. Mulut berbentuk paruh, kedua rahang penuh gigi. Dahi menonjol. Lumba-lumba dibedakan dari paus karena hanya mempunyai satu lubang di atas kepala. Hewan ini hidup secara berkelompok dan dianggap mempunyai kecerdasan cukup tinggi.
Bosen ya, baca deskripsi di atas? Nggak apa-apa lah, ya, mengobati kerinduan saya bikin tinjauan pustaka laporan praktikum..., hehe.
Deskripsi di atas adalah jawaban dari kecintaan saya terhadap lumba-lumba, betapa mereka memiliki aspek biologis yang sangat menarik. Jadi lumba-lumba bukanlah ikan, melainkan salah satu jenis mammalia yang hidup di laut. Saya ingin nama blog ini mewakili kecintaan saya terhadap ilmu biologi, sebab nantinya di blog ini akan ada grup khusus tentang biologi (ingetin saya, ya....).
Nah, dari segi filosofisnya, banyak sekali....Pertama, dalam film-film yang saya tonton, salah satunya Free Willy, lumba-lumba digambarkan sebagai hewan yang memiliki karakter setia dan bersahabat. Bikin saya menangis terharu dan pengen punya temen lumba-lumba...,whooaaa....
Kedua, dari deskripsi di atas, lumba-lumba adalah hewan yang senang hidup berkelompok, kayak saya (tapi saya bukan hewan). Saya senang jika memiliki banyak teman daripada sendirian.
Ketiga, lumba-lumba itu hewan yang bebas, bisa berenang sesuka mereka di samudera yang luas, biru, dan dingin. Sayangnya saya tidak bisa berenang, makanya saya pengen jadi lumba-lumba yang bisa berenang bebas di lautan. Tapi saya lebih suka jadi manusia sih, hehe.
Mimpi iseng saya, suatu hari saya pengen jadi ahli biologi laut yang salah satu kerjaannya ngurusin kesejahtraan lumba-lumba...,whehehe, tinggalnya deket laut dan punya temen seekor lumba-lumba yang lucu.
Why blue dolphin? , because i like that color very much....
Jadi jangan nawarin supaya nama blog saya diubah menjadi mermaid’s blog ya…, hehe.

3 komentar:

  1. wekekekek... mencari identitas seperti thekupu ini ya? ;;)

    yeah, we need identity in every place we put our step.. dan lumbalumba, seperti kupukupu, memiliki pengulangan kata.. cantik dan menarik bukan? ;)

    BalasHapus
  2. nah lho...
    Varla-sensei... mo nanya... Orca itu termasuk lumba-lumba kan... Tapi kenapa lebih dikenal sebagai Paus? (ndak penting sih, Var...)

    Btw, ni Ike Var, hehehehe... (ndak penting juga...)

    BalasHapus
  3. anuuh...

    free willy bukannya tokohnya mamalia yg disebut paus pembunuh ???

    *protes sambil malu2*

    BalasHapus